Essai Assesment Problem solving

Hidayatullah Hana Putra

210321868030

 

Kemampuan menyelesaikan masalah atau  problem solving  merupakan salah satu tujuan pembelajaran, mengandung pengertian bahwa matematika dapat membantu dalam memecahkan persoalan, baik dalam pelajaran lain maupun dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya kemampuan pemecahan masalah ini menjadi tujuan umum pembelajaran fisika. Penggunaan   metode   pemecahan   masalah   atau   problem   solving   dalam pembelajaran menuntut siswa untuk aktif, kreatif dan mampu berfikir logis, kritis serta mampu berfikir tingkat tinggi. Beberapa peneliti telah menjelaskan bahwa pemecahan masalah merupakan hal yang harus diselesaikan oleh pemecah masalah. Kemampuan problem solving sangat penting dipelajari semua siswa. Kemampuan ini tidak bisa dihafalkan dari buku, tapi bisa didapatkan melalui belajar.

Pemecahan masalah merupakan sejumlah urutan proses kognitif yang diarahkan untuk mencari solusi yang tepat. Memecahkan masalah berarti menemukan jalan yang tepat untuk menjembatani kesenjangan yang ada atau dengan kata lain menemukan jalan ke luar untuk mengatsi masalah yang dihadapi. Keterampilan pemecahan masalah menjadi suatu keterampilan penting yang harus ditingkatkan oleh berbagai tingkat pendidikan khususnya tingkat pendidikan SMA, karena pada tingkat ini peserta didik sudah mulai berpikir secara logis, kritis dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi tentang bagaimana mengembangkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.

6 langkah untuk mecapai hasil yang diinginkan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

(1) mendefinisikan masalah dengan jelas,

(2) menentukan hasil yang diharapkan,

(3) mengembangkan solusi terbaik,

(4) memilih solusi terbaik,

(5) menerapkan solusi,

(6) mengevaluasi hal-hal aktual dan membuat perubahan yang diperlukan.

Kemampuan pemecahan masalah dalam penelitian ini menggunakan rubrik kemampuan pemecahan masalah yang dikembangkan oleh Docktor et al. (2016). Dalam rubrik terdapat lima langkah dalam proses pemecahan masalah, secara rinci dijelaskan pada Tabel nyampaikan gagasannya untuk memecahkan suatu masalah  yang  dihadapinya.

Proses

Kegiatan siswa

Useful Description

 

 

Siswa menerjemahkan masalah dan memahami masalah dengan menggunakan representasi yang berbeda secara tepat untuk merangkum esensi informasi yang diberikan. Representasi bisa berupa gambar, verbal, grafik atau matematika

Physic Approach

Siswa menggunakan pendekatan konsep dan prinsip fisika yang tepat untuk memecahkan masalah

Spesific Apllication of Physic

Siswa mengaplikasikan dan mengkoneksikan konsep dan prinsip fisika untuk kondisi spesifik dalam masalah

Mathematical Procedures

Siswa melakukan proses eksekusi solusi dengan memilih prosedur dan mengikuti aturan matematika yang tepat

Logical Progression

 

Siswa melakukan proses penyampaian hasil dan mengevaluasi solusi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembutan Kertas Berbahan Kulit Durian

topik 2 asesmen autentik