Essai Assesment Problem solving
Hidayatullah Hana Putra
210321868030
Kemampuan menyelesaikan masalah atau problem solving merupakan salah satu tujuan pembelajaran,
mengandung pengertian bahwa matematika dapat membantu dalam memecahkan
persoalan, baik dalam pelajaran lain maupun dalam kehidupan sehari-hari. Oleh
karenanya kemampuan pemecahan masalah ini menjadi tujuan umum pembelajaran
fisika. Penggunaan metode pemecahan
masalah atau problem
solving dalam pembelajaran menuntut
siswa untuk aktif, kreatif dan mampu berfikir logis, kritis serta mampu
berfikir tingkat tinggi. Beberapa peneliti telah menjelaskan bahwa pemecahan
masalah merupakan hal yang harus diselesaikan oleh pemecah masalah. Kemampuan
problem solving sangat penting dipelajari semua siswa. Kemampuan ini tidak bisa
dihafalkan dari buku, tapi bisa didapatkan melalui belajar.
Pemecahan masalah merupakan sejumlah
urutan proses kognitif yang diarahkan untuk mencari solusi yang tepat.
Memecahkan masalah berarti menemukan jalan yang tepat untuk menjembatani
kesenjangan yang ada atau dengan kata lain menemukan jalan ke luar untuk
mengatsi masalah yang dihadapi. Keterampilan pemecahan masalah menjadi suatu
keterampilan penting yang harus ditingkatkan oleh berbagai tingkat pendidikan khususnya
tingkat pendidikan SMA, karena pada tingkat ini peserta didik sudah mulai
berpikir secara logis, kritis dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi
tentang bagaimana mengembangkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.
6 langkah untuk mecapai hasil yang
diinginkan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
(1) mendefinisikan masalah dengan jelas,
(2) menentukan hasil yang diharapkan,
(3) mengembangkan solusi terbaik,
(4) memilih solusi terbaik,
(5) menerapkan solusi,
(6) mengevaluasi hal-hal aktual dan membuat
perubahan yang diperlukan.
Kemampuan pemecahan masalah dalam
penelitian ini menggunakan rubrik kemampuan pemecahan masalah yang dikembangkan
oleh Docktor et al. (2016). Dalam rubrik terdapat lima langkah dalam proses
pemecahan masalah, secara rinci dijelaskan pada Tabel nyampaikan gagasannya
untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapinya.
Proses |
Kegiatan siswa |
Useful Description |
Siswa menerjemahkan masalah dan
memahami masalah dengan menggunakan representasi yang berbeda secara tepat
untuk merangkum esensi informasi yang diberikan. Representasi bisa berupa
gambar, verbal, grafik atau matematika |
Physic Approach |
Siswa menggunakan pendekatan konsep
dan prinsip fisika yang tepat untuk memecahkan masalah |
Spesific Apllication of Physic |
Siswa mengaplikasikan dan
mengkoneksikan konsep dan prinsip fisika untuk kondisi spesifik dalam masalah |
Mathematical Procedures |
Siswa melakukan proses eksekusi
solusi dengan memilih prosedur dan mengikuti aturan matematika yang tepat |
Logical Progression |
Siswa
melakukan proses penyampaian hasil dan mengevaluasi solusi |
Komentar
Posting Komentar